Manfaat Kesehatan Dari Teh Hitam Blesstea Asli

Manfaat Teh HitamMengonsumsi teh tentu tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Minuman yang biasa dikonsumsi pagi atau sore ini, ternyata memiliki ragam jenis, termasuk salah satu nya adalah teh hitam.

Teh hitam Blesstea dapat membuat hidup lebih sehat. Sebuah penelitian di mana masyarakatnya dikenal suka minum teh, menemukan bahwa mengonsumsi teh hitam Blesstea lebih dari enam cangkir sehari bisa menurunkan risiko terkena penyakit jantung koroner lebih dari 50 persen. Menurut penelitian tersebut, antioksidan yang disebut flavonoids, yang terdapat pada teh hitam dan teh hijau, ternyata dapat menjadi senjata yang potensial untuk mencegah penyakit jantung.

 

Sama seperti jenis teh lainnya, manfaat Teh Hitam Blesstea Asli kesehatan bagi tubuh, diantaranya adalah :

1. Meningkatkan kesehatan mulut
Teh hitam memiliki kandungan polifenol yang dapat menghancurkan bakteri jahat di dalam mulut. Bakteri tersebut dapat membuat gigi berlubang, plak, dan juga infeksi mulut lainnya.

2. Melindungi tubuh dari radikal bebas
Polifenol yang terkandung dalam teh hitam termasuk jenis zat antioksidan memiliki peran positif dalam melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas. Polifenol juga dapat mencegah kerusakan DNA.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Teh hitam diketahui juga mengandung alkylamines, yakni antigen yang bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, teh hitam juga mengandung senyawa tanin. Tanin memiliki peran dalam mencegah penyakit ringan akibat virus.

4. Menjaga kesehatan pencernaan
Kandungan tanin dan fitokimia yang ada pada teh hitam mempunyai efek restoratif pada saluran pencernaan. Efek tersebut akan membuat sistem pembuangan kotoran menjadi lebih lancar sehingga pada akhirnya juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

5. Melindungi jantung
Mengonsumsi teh hitam juga dapat melindungi kesehatan jantung secara keseluruhan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi teh hitam tiap harinya diketahui mengalami penurunan risiko untuk terkena stroke dan penyakit jantung sebesar 20%.

6. Memperkuat tulang dan gigi
Selain bermanfaat positif dalam menjaga kesehatan pencernaan, kandungan fitokimia yang ada pada teh hitam juga dapat memperkuat tulang dan gigi serta mampu mengurangi risiko penyakit arthritis.

7. Mencegah kanker
Teh hitam dipercaya mempunyai peran untuk membantu mencegah kanker. Hal ini karena teh hitam mengandung polifenol catechin yang dapat membantu mencegah jenis kanker tertentu. Wanita yang rutin mengonsumsi teh hitam juga dapat terhindar dari risiko kanker ovarium.

8. Menurunkan risiko diabetes
Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hitam secara rutin juga dapat menurunkan risiko penyakit diabetes.

 

Berikut hasi penelitian tentang teh hitam dari para ahli :

1. manfaat teh hitam diungkap Guru Besar Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr. Ali Khomsan MS dan Ahli Spesialis jantung dr. Mohammad Taufik Spj.
”Memang benar teh hitam atau black tea mempunyai manfaat seperti menurunkan risiko kanker, mencegah jantung koroner, mencegah penuaan dan juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

2. Hal senada diungkapkan dr H. Mohammad Taufik Sp.J. Dia membenarkan black tea bermanfaat untuk mengurangi penyakit jantung koroner, kanker, diabetes atau kencing manis dan stroke. Sayangnya, menurut Taufik, manfaat yang terkandung dalam meminum teh hitam belum banyak diketahui oleh masyarakat. Hal itu disebabkan kurangnya sosialisasi maupun publikasi dari berbagai penelitian tentang manfaat black tea bagi kesehatan.

3. Teh hitam juga direkomendasikan oleh “RS JANTUNG HARAPAN KITA”
Beberapa waktu lalu, Pusat Jantung Nasional Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta (RSJHK) juga memaparkan hasil penelitiannya dalam talkshow dengan tema ”Efek Teh Hitam dalam Mencegah dan Mengatasi Risiko Penyakit Jantung Koroner” yang diadakan di Aula RSJHK Jakarta.